Latest News

Perbedaan PowerShell dan Command Prompt

command prompt dan powershell

Sejak masih kita memakai Windows 7 , mungkin kita mengetahui ada hal gres untuk menuliskan perintah selain di CPrompt yaitu PowerShell. PowerShell jauh lebih mengagumkan dan baik dibandingkan dengan Command Prompt , direktur dapat lebih menggunakan bahasa pemograman yang lebih baik. Selain itu , sepertinya Command Prompt sudah kalah dengan Shell sistem operasi lainnya ibarat Linux dan Unix. Namun PowerShell dapat bersaing dengan baik dari Shell lainnya.

Lalu apa perbedaan PowerShell dan Command Prompt??

PowerShell dangatlah berbeda dengan Command Prompt , menggunakan baris perintah berbeda yang dikenal dengan cmdlet. Banyak tugas-tugas manajemen sistem yang dapat mengatur registery ke WMI (Windows management Instrumentation) , sementara Command Prompt tidak bisa untuk mengatasi hal ini.

PowerShell memanfaatkan pipa ibarat yang dilakukan Linux dan Unix , pipa yang membuat kau lolos output dari satu cmdlet ke input cmdlet lainnya , menggunakan multiple cmdlet ke input cmdlet lainnya , menggunakan multiple cmdlet pada serangkaian baris perintah untuk memanipulasi data. Tidak ibarat Unix yang hanya bisa menggunakan pipa untuk huruf atau text , PowerShell dapat menggunakan pipa untuk objek juga. PowerShell bukan hanya sebuah Shell , dia juga bisa memiliki kegunaan untuk menulis script semoga lebih mudah dikala mengelola sistem Windows ketimbang menggunakan Command Prompt.

Sedangkan Command Prompt pada dasarnya hanyalah sebuah salinan banyak sekali perintah DOS , sahabat dapat mengoprasikan semua perintah DOS didalamnya. Singkatnya Command Prompt sangat terbatas , apalagi untuk mengakses sistem manajemen Windows , ditambah lagi kemampuan perintahnya yang tidak kompleks dan sebagainya.

Lalu Kapan PowerShell digunakan?


Jika sahabat pengguna Windows tentunya yang biasa-biasa saja dan menggunakan Command Prompt untuk melaksanakan ping , sahabat tidak perlu menggunakan PowerShell. PowerShell dapat sahabat gunakan untuk melaksanakan tugas-tugas yang lebih dari itu.

Contoh Perintah PowerShell dan Command Prompt

Banyak perintah Command Prompt yang bisa berjalan di PowerShell , dari ipconfig hingga cd. Ini alasannya yaitu PowerShell menggunakan "alias" yang menyampaikan perintah-perintah lama di cmdlet yang baru. Berikut tumpuan perintah di PowerShell dan Command Prompt:

Mengubah folder atau direktory
Dos : cd
PowerShell : Set-location

Memunculkan daftar file di dalam folder
Dos : dir
PowerShell : Get-ChildItem

Mengganti nama file
Dos : rename
PowerShell : Rename-Item

Untuk dapat melihat DOS menerima alias di PowerShell , sahabat bisa menggunakan Get-Alias. Misalkan saja sahabat menuliskan Get-Alias cd , maka PowerShell akan menyampaikan bahwa cd bisa dijalankan dengan cmdlet Set-Location.

powershell

1 Response to "Perbedaan PowerShell dan Command Prompt"